Hewan HiasUnggas

Memahami Jenis Mentog Rambon

Memahami jenis mentog rambon sangat penting bagi pemula yang akan membeli mentog jenis ini.  Bagi kalian yang mau memulai ternak tahukah Anda dalam dunia permentokan ini seperti halnya dunia unggas yang lain ada jenis ada motif ada ciri khas ada kelas dan pangsa pasar masing masing.

Dikutip dari sebuah group facebook Peternak Mentog Magelang, untuk semua membernya disampaikan bahwa kita harus betul-betul memahami jenis-jenis mentog yang masuk padakategori jenis hias.

Disini saya tidak akan membahas masalah jenis mentok yang ada di sekitar kita entah lokalan, dragon, rambon , jumbo, jali, bondol kaji dan sebagainya.

Saya hanya memberitahu bahwa di mentok “hias” itu memiliki grade atau kelas masing masing walau dengan “nama” yang sama. Kita ambil contoh satu nama yaitu “Rambon Silver“, dari satu nama ini kita bisa ambil beberapa GRADE.

Kita simulasikan dengan kriteria dibawah ini, jika :

Grade A -> Silver Full

Grade B -> Silver bocor Alus (biasanya di leher bintik-bintik putih atau beberapa putih)

Grade C -> Silver berdasi leher full dasi

Grade D -> Silver blontang-blontang 50 putih 50 silver (biasanya sudah kemasukan darah white head atau bondol kaji ) dan seterusnya.

Berkaitan dengan simulasi diatas, kita akan membahas masalah harga karena kebanyakan di group untuk jual beli bukan untuk breeding. Dengan adanya contoh Grade diatas secara tidak langsung harga akan berbeda-beda tentunya.

Banyak pemula yang belum tahu bagaimana kriteria dari mentog hias jenis rambon ini, selain itu para pemilik atau yang menjual mentog jenis rambon ini masih banyak yang kurang terbuka dalam memberikan informasinya ketika melakukan upload penjualan yang rata-rata dilakukan di facebook group. Dan otomatis ketika ada transaksi paling sering adalah antara penjual dan pembeli berbeda wilayah, yang ahirnya pembeli hanya bisa melihat fisik nya dari gambar atau video.

Berikut tips-tips yang jual beli yang baik :

  • Sebaiknya untuk para penjual yang  akan menawarkan mentog jenis apapun, tawarkan dagangan anda sesuai barang anda dan tentukan harga sendiri percaya diri aja dengan barang anda hindari pura-pura bertanya harga kepada orang yang kebetulan punya mentog yang mungkin mirip. Jika mau bertanya sekalian saja saya punya seperti ini kira-kira laku berapa ya? Ini lebih sopan dalam bertanya.
  • Hindarilah jenis mentog masuk grade C tapi memberikan harga grade A, berikanlah informasi sesuai dengan kondisi hewan nya secara jujur dan detail
  • Untuk para calon pembeli cerdaslah memilih materi jangan minta barang Grade A minta harganya Grade D, jika tidak tahu harga pasaran lihat barangnya masuk ke grade mana jika memang grade A ya harga memang mahal
  • Untuk para calon pembeli, minta lah info se detail mungkin apabila penjual dirasa belum memberikan informasi secara detail

Semoga dengan adanya jual beli yang jujur menjadikan keberkahan untuk semuanya.

Salam sukses dan sehat selalu…..

Related Articles

Back to top button