KomunitasUnggas

Komunitas Entog Gelar Festifal Kontes Perdana Di Cilacap

GRIBIG.ID, CILACAP – Semarak kemeriahan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 terasa meriah di seluruh penjuru plosok Tanah Air. Tak terkecuali  sebuah Komunitas Kelompok Ternak “Mulya Mukti” di Bulaksari, Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap Jawa Tengah yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun Kelompok Mulya Mukti” yang ke-1 mengadakan kontes khusus entog pada hari Minggu, 22 Agustus 2021.

Dalam kontes ini Sakur S.Pd.I selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kontes ini baru pertama di Cilacap dengan tujuan mengangkat peternak unggas mentog menjadi sumber penghasilan masyarakat kecil. Pesertanya saat ini masih tingkat kecamatan Bantarsari dan harapannya tahun depan peserta bisa tingkat Kabupaten bahkan tingkat Nasional.

Kabupaten Cilacap ini topografinya cocok untuk pelihara entog. Dengan hewan yang kuat, disertai peliharaan yang bagus bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, banyak olahan entog nantinya yang bisa menjadi usaha yang menghasilkan,” terangnya.

Rojikin selaku Ketua kelompok “Mulya Mukti” juga menambahkan dalam kontes ini antusias peserta cukup bagus, jumlah peserta berdasarkan data statistik sekitar 36 peserta. Tidak kalah juga pentonton pun sangat antusias untuk melihat festival kontes entog tersebut.

Dalam kontes ini juri dipercayakan kepada Bp. Mubarokatul Munawarotul Kirom yang sudah cukup lama dalam menggeluti ternak entog di wilayah Adipala Cilacap. Kemudian juri lainnya adalah Bpk. H. Drs. Sholehan yang merupakan dari kalangan usahawan di Jl. Damar Cilacap.

Dari 2 jenis kategori lomba yaitu kategori entog jumbo dan entog siem lokal akan diambil juara-juaranya dan berhak mendapatkan tropi gelar yang berhasil diraihnya. Masing-masing kategori diambil juara 1, 2 dan 3.

Adapun Kategori yang di lombakan kedua kategori tersebut adalah bobot dan kerapihan bulu.

Untuk hasil penilaian jumbo bobot dan kerapihan bulu :

  • Juara 1 : 4,99kg, kerapihan bulu 88
  • Juara 2 : 4,65kg, kerapihan 86
  • Juara 3 : 3.4,55kg, kerapihan bulu 86

Untuk hasil penilaian siem lokal bobot dan kerapihan bulu :

  • Juara 1 : 3,7kg
  • Juara 2 : 3,5kg
  • Juara 3 : 3,2kg

Berikut beberapa nama-nama pemenang pada festival kontes entog tersebut :

Kategori Entog Jumbo

  1. Rojikin, dan Slamet Sobirin
  2. Tolkhah
  3. Sakur S.Pd.I

Kategori Entog Siem Lokal

  1. Mustofa
  2. Saripudin
  3. Wahidun

“Harapan kami pemerintah memperhatikan terhadap para pembudidayaatau peternak entog. Dari segi bantuan pakan atau bibit ataupun yg lain . Supaya para peternak entog punya semangat dan lebih maju karena selama ini para peternak entog belum pernah tersentuh oleh pemerintah, entog ini adalah unggas istimewa namun di pandang sbelah mata sedangkan secara pasar selalu stabil harga bukan turun tapi malah naik,”Pungkasnya.

Related Articles

Back to top button