Pertanian
Trending

Potensi Budidaya Kambing dan Domba Mendukung Ketahanan Pangan Dan Ekspor Komoditas Hewan Dari Kabupaten Cilacap

CILACAP –  Kambing dan Domba merupakan salah satu hewan ternak yang populer dan banyak dikembangkan di Indonesia. Tak hanya di pasar domestik, domba dan kambing Indonesia digemari oleh pasar ekspor, seperti Singapura,  Malaysia dan Brunei Darussalam.

Kambing dan domba memiliki peran penting dalam berbagai macam aspek kehidupan masyarakat. Sebagai sumber pangan, daging domba dan kambing merupakan bahan pangan sumber protein hewani alternatif, untuk diversifikasi dari daging sapi dan daging ayam. Konsumsi perkapita daging domba dan daging kambing memang masih jauh lebih rendah dibandingkan daging sapi dan ayam, karena daging domba dan kambing hanya memiliki konsumen spesifik akibat dari karakteristik daging dan isu kesehatan yang berkembang di masyarakat.

Populasi Kambing dan Domba dari tahun ke tahun kecendrungan selalu meningkat. Sentra ternak domba banyak terdapat di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat yang mencapai 68 persen (2/3 dari populasi nasional). Diluar Pulau Jawa pun tengah dikembangkan, contohnya adalah Lampung dengan populasi kambing mencapai 1,4 juta ekor.

Melihat potensi ekspor kambing dan domba yang sangat besar hususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, H. Sunarna, SE, M.Hum yang merupakan Anggota Komisi IV DPR RI dapil Jawa Tengah, memberikan dukungan penuh kepada para peternak kambing dan domba di Kabupaten Cilacap untuk bisa berkembang dan masuk ke pasar ekspor kambing dan domba.

Dalam rangka mendukung potensi tersebut Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan, H. Sunarna, S.E,. M.Hum bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Potensi Budidaya Kambing dan Domba Mendukung Ketahanan Pangan Dan Ekspor Komoditas Hewan Dari Kabupaten Cilacap di Cilacap, Jum’at (18/11/2022).

Peserta yang ikut pada kegiatan tersebut adalah kelompok tani yang ada di Kabupaten Cilacap, , edukasi yang dilakukan terus menerus secara berkala oleh H. Sunarna untuk peningkatan kapasitas Petani. Dalam hal ini, Pemerintah dan DPR saling bersinergi untuk penguatan pengetahuan berkaitan potensi budidaya kambing dan domba mendukung ketahanan pangan dan ekspor di mana dari waktu ke waktu terus berkembang.

“Sumber pakan di Kabupaten Cilacap cukup banyak, sehingga tidak perlu ragu untuk berternak kambing dan domba, selain itu bagi peternak kambing dan domba agar bisa memberikan informasi kepada dinas pertanian Kabupaten Cilacap agar bisa mendapatkan pendampingan dalm hal pengecekan kesehatan kambing ternaknya”, papar Ir. Susilan Kepala Dinas Pertanian kabupaten Cilacap.

Dalam bimtek tersebut dijelaskan juga bagaimana proses dan persayaratan untuk melakukan ekspor yang disampaikan oleh Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap, sehingga sangat menambah wawasan peternak. “Pada prinsipnya karantina Pertanian Cilacap mendukung akselerasi ekspor kambing dan domba”, tutur drh. Mei Wardahani

(Baca Juga : Program Kemitraan Budidaya Ayam KUB)

Menjadi peternak adalah salah satu pekerjaan yang menggiurkan karena penghasilan yang didapatkan bisa sangat tinggi. Usaha peternakan masih menjadi dan akan terus menjadi kegiatan ekonomi sentral karena kebutuhan manusia akan ternak, salah satunya adalah budidaya kambing dan domba bisa menjadi pilihan karena pasar yang masih besar dan luas. (gribig.id)

Related Articles

Back to top button