Sosok Inspiratif
Trending

Tekuni Pertanian dan Peternakan, H. Sunarna Gencar Beri Pelatihan Petani Milenial

Tekuni Pertanian dan Peternakan mantan Bupati Klaten dua periode dan saat ini anggota DPR RI mengatakan, petani harus sejahtera supaya bisa menarik milenial untuk terjun ke pertanian. Untuk menjadi sejahtera, petani harus mengupgrade dalam pengolahan lahan serta pengetahuan seputar pertanian. Karenanya, berbagai dukungan peralatan pra hingga pasca panen juga diberikan oleh H. Sunarna.

Alat penunjang pertanian sekarang sudah banyak yang canggih, dalam waktu dua jam sudah bisa tanam sampai 2 hektare. Hal ini tentu akan lebih mengefisienkan kerja petani,” tuturnya saat mengadakan reses di Banyumas baru-baru ini.

Dengan waktu pengerjaan yang lebih cepat, maka petani bisa memperbaiki pola tanam, sehingga hasil panen lebih maksimal. Sunarna mencontohan, kenaikan harga beras sekarang ini, seharusnya bisa dinikmati petani lebih luas lagi, jika pola tanam tertata dengan baik.

“Siapa bilang tak ada petani yang menikmati kenaikan harga beras sekarang ini? Tetap ada, karena petani yang panen pasti ada dan sebagian juga ada petani yang masih memiliki stok gabah ataupun beras, sehingga bisa dijual dengan harga sekarang,” jelasnya.

H. Sunarna menyebut, saat ini petani milenial di Banyumas terus bertumbuh dan sudah mencapai kisaran 5-10 persen. Ini merupakan awal yang baik bagi perkembangan dunia pertanian ke depannya. Keterlibatan para milenial akan mampu mengangkat pertanian Indonesia. Sepanjang mereka dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang pertanian. Sebab, pertanian sangat luas, tidak hanya sebatas padi saja, tetapi juga ada pertanian hortikultura seperti berbagai macam sayuran, buah-buahan, tanaman hias hingga tanaman obat.

Baca juga : Kontes & Expo Ternak Cilacap 2023

“Jumlah penduduk terus bertambah, otomatis kebutuhan pangan juga terus meningkat, ini menjadi peluang bagi petani. Sehingga berbagai pelatihan terus kita lakukan supaya petani mendapatkan pengetahuan tata kelola yang baik,” ucapnya.

Cukup lama menekuni dunia pertanian, membuat anggota DPR RI, H. Sunarna, SE. M.Hum gencar mengajak generasi muda untuk terjun menjadi petani milenial. Berbagai perlatihan kerap difasilitasi oleh anggota Komisi IV DPR RI ini dan sudah lebih dari 10.000 petani di Banyumas dan Cilacap yang tersentuh oleh program-programnya.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, untuk pemasaran hasil pertanian juga terbuka peluang lebar. Mulai dari pasar konsumsi biasa sampai dengan market wisata, terlebih saat ini wisata desa yang disertai hasil-hasil pertanian sedang banyak digemari masyarakat.

Fokus Peternakan

Selain pertanian, H. Sunarna juga sangat konsen dengan peternakan, dimana beliau memberikan penyaluran bantuan kepada kelompok-kelompok ternak yang ada di Kabupaten Banyumas dan Cilacap.

Dan pada Pemilu 2024 yang akan datang H. Sunarna akan kembali maju untuk menjadi Anggota Dewan DPR RI dengan nomor urut 5 dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Banyumas dan Cilacap, tentunya sangat perlu untuk diberikan dukungan agar bisa melanjutkan program-program yang sangat membantu bagi kelompok petani, ternak dan perikanan hususnya yang ada di Banyumas dan Cilacap. (gribig.id).

Back to top button